728x90 AdSpace

  • Latest News

    Powered by Blogger.
    Wednesday, February 3, 2010

    Nabi Isa diangkat

    Nabi 'Isa diangkat kepada Allah, bukan wafat !

    Orang-orang Yahudi beringas hendak membunuh Nabi ’Isa ’Alaihissalam sebagai mana biasanya tiap-tiap Nabi hendak dibunuh oleh kaumnya.

    Akan tetapi Allah memelihara Nabi Isa sebagaimana Allah telah memelihara Nabi-Nabi lain sebelumnya

    Allah mengatakan hal ini dalam al Quran:

    Artinya:  ”Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya."(Ali Imran:54).

    Pada satu kali Nabi Isa Alaihissalam, sedang mengajar agama kepada murid-muridnya disuatu tempat.  Diantara muridnya ada yang berkhianat dan memberitahukan kepada penguasa-penguasa yang anti kepada Nabi Isa as. Beliau dikepung hendak ditangkap dan dibunuh.

    Pada ketika itulah nabi ‘Isa ’as diangkat oleh Allah kepadaNya,sehingga beliau tidak dapat ditangkap oleh orang kafir yang hendak membunuhnya.

    Orang-orang kafir itu menyerbu masuk rumah, mereka mengambil seorang dari pada murid beliau (kabarnya yang berkhianat itu), lantas menangkapnya dan kemudian mensalibnya.

    Yang tertangkap dan tersalib itu bukan Nabi Isa as tetapi orang lain agak serupa muka dan gayanya dengan Nabi Isa karena sipenangkap ini tidak tau persis muka nabi Isa as.  Setelah laki-laki itu ditangkap lantas dipukuli sehingga berdarah muka dan tubuhnya. Mereka tidak memperdulikan ucapan orang yang ditangkap itu yang mengatakan berulung-ulang bahwa ia bukan  Isa.

    Lantas ia disalib bersama dengan ”pejabat” lain dalam keadaan muka dan badan yang berdarah dan bengkak-bengkak.

    Orang-orang yang melihat kemudian menjadi ragu-ragu apakah benar yang di salib itu Nabi Isa As atau bukan .

    Inilah kepercayaan I’itiqad umat islam tentang Nabi Isa di akhir masa beliau, dan inilah yang di terangkan oleh Allah dengan  firman-Nya :

    Artinya: ’’dan karena ucapan mereka: ’’Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih , ’Isa putra maryam, Rasul Allah. Dan mereka tidak membunuhnya dan tidak menyalibnya, tetapi yang mereka bunuh ialah orang yang serupa dengan ‘Isa.  Sesungguhya orang-orang  yang berselisih paham tentang ‘Isa sebenarnya mereka dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa  yang di bunuh itu,kecuali mengikuti persangkaan belaka mereka tidak yakin bahwa yang mereka  bunuh itu ‘Isa” (An Nisa: 157).

    Orang –orang Yahudi yang menangkap dan menyalib Nabi ’Isa itupun kemudian jadi ragu-ragu, apakah benar yang mereka salib itu Nabi ‘Isa yang sebenarnya.



    Hal ini diterangkan Allah dalam akhir ayat itu, artinya :

    “sesungguhnya orang-orang yang berselisih faham tentang pembunuhan terhadap ‘Isa itu,  sebenarnya mereka dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu .

    Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, Kecuali mengikuti persangkaan belaka. Mereka tidak yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ‘Isa. (An-Nisa”:157).

    Dan Allah menyatakan dengan tegas dalam al-Qur'an bahwa nabi Isa As diangkat kepadanya.



    Firman Allah,  artinya:

    “Tetapi (yang sebenarnya) Allah telah mengangkat Isa kepadaNya,dan Allah Maha Kuasa dan Maha Bijaksana”. (An Nisa:158)

    Tegasnya dapat dinyatakan dengan yakin, bahwa Nabi Isa As tidak dapat ditangkap oleh orang kafir, juga tidak dapat disalib dan dibunuh tetapi diangkat hidup kepada Allah.

    Kalau ada orang bertanya :  Dimana nabi Isa As sekarang?

    Jawabnya harus tegas : Disuatu tempat yang mulia diatas langit.

    Ini adalah suatu mu’jizat yang besar pula dari nabi Isa, yaitu beliau diangkat hidup-hidup dengan tubuhnya dan rohnya.

    Kalau ada orang berpendapat, bahwa nabi Isa dapat ditangkap dan  dibunuh(disalib), maka kepercayaan itu bertentangan dengan Al quran.

    Kalau ada orang berpendapat bahwa nabi Isa itu diangkat kepada Allah sesudah dimatikan dulu, maka orang itu seolah-olah berpendapat bahwa  Allah telah melaksanakan keinginan orang yahudi yang hendak membunuh Nabi Isa As.

    Kalau ada orang berpendapat bahwa yang diangkat itu adalah roh beliau saja, maka apa perbedaannya Nabi Isa dengan manusia lain yang sesudah wafatnya rohnya pun diangkat Allah kelangit ?

    Kepercayaan yang benar menurut Islam adalah:

    1. Nabi Isa As dilahirkan tanpa bapak, sedang ibu beliau ialah siti Maryam. Kelahiran nabi Isa sama dengan nabi Adam, aitu sama-sama tidak pakai bapak.

    2. Isa diangkat menjadi Nabi dan Rasul untuk Bani Israil

    3. Mu’jizat beliau banyak, diantaranya bis a bercakap-cakap diwaktu bayi, bisa menghidupkan orang mati dan bias naik kelangit dengan roh dan tubuh sewaktu hidup

    4. B eliau tidak dapat ditangkap, apalagi disalib oleh musuh-musuh beliau.

    5. Beliau diangkat Allah  kepadaNya,sehingga tidak dapat dibunuh orang kafir.tipu muslihat Allah lebih pintar dari orang kafir.

    6. Beliau tidak mati sampai sekarang.

    7. Beliau akan kembali kedunia di akhir zaman,sebagai yang diterangkan dalam hadits-hadits yang sahih.


    8. Sumber:  40 Masalah Agama, Buku 1, K.H. Siradjuddin Abbas.

    
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    6 comments:

    1. Terima kasih, atas semua artikel yang ditampilkan pada web ini..sehingga bisa menambah wawasan kita dalam beragama..Karena banyak sekarang orang yang mengaku orang islam tapi mereka sendiri tidak mengerti hukum-hukum islam....karena ketidakmengertian mereka inilah yang menyebabkan mudah tergelincir..oleh propakasi..orang-orang musyrik dan yahudi.

      semoga tetap jaya...

      ReplyDelete
    2. assalamualaikum wr.wb.
      tapi itu semua kan penafsiran, bukankah semua makhluk yg bernyawa akan mengalami mati?.

      memang saat kejadian tsb nabi Isa as, diselamatkan oleh Allah. bisa jadi beliau diselamatkan disuatu tempat yang selanjutnya beliau hidup sebagaimana mestinya dan kemudian mengalami proses layaknya mahkluk Allah yang lain (mengalami mati)
      coba camkan firman Allah yang lain:

      Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali (Maryam ayat 33).

      disitu menjelaskan juga bisa jadi memang beliau mengalami waktu (hari) wafatnya, wallohu a'lam bisshowab.

      salam kenal ya, maaf ini sebagai sharing aja
      tolong infokan ke blok aku ya jika mempunyai alasan yg lebih kuat.
      http://hasimpci.wordpress.com

      ReplyDelete
    3. nabi isa gak akan turun lagi ke dunia,,,di alquran gak ada keterangan isa mau turun..pertanyaan yg mendasar dari seorang ulama' tasawwuf, isa turun itu membawa tugas lama apa tugas baru..??? klau tugas lama berarti udah gak berlaku..karna dia khusus bangsa israel..klau tugas baru ,berarti dia nabi baru..nah ini bertentangan dengan alquan ..tiada nabi setelahku (nabi muhammad nabi terakhir) ..nabi isa di anggkat ke langin ke planet lain..tentunnya dia di sana dulu gak sendirian ,pasti ada manusia lain di planet sana ..dan sekarang isa sudah wafat...

      ReplyDelete
    4. Nabi Isa as turun tetap sebagai penegak tauhid, tauhid yang sama disampaikan sejak nabi Adam as sampai Rasulullah.

      ReplyDelete
    5. Lalu jika nabi Isa turun, bagaimana orang2 yakin itu beliau? banyak yg mengaku sbg nabi isa bahkan mampu melakukan beberapa keajaiban, tapi mereka semua dianggap sesat bahkan ada yg dianggap dajjal.

      Konsep diangkat dan turun kembali nabi Isa sepenuhnya adalah konsep bibel. Orang2 Islam yg menganggap nabi Isa diangkat hanya menggunakan An Nisaa 158 sebagai dasarnya, tdk ada yg lainnya, padahal yg dimaksud kata rofa'a disitu artinya sama dgn kata rofa'a di surah2 lainnya yaitu ditinggikan / dimuliakan di sisi Allah.

      Yg menjadi misterinya adalah... tidak banyak sumber yg menceritakan sejarah nabi Isa setelah peristiwa penyaliban.
      Just share.

      ReplyDelete
    6. bagaimana dengan konsep time travel, jika ada seorang time travel yg membantu menolong nabi isa (dengan izin Allah SWT) utk meloloskan diri dan membawanya ke masa depan (di angkat), di mana di masa depan tersebut ia juga di butuhkan utk membasmi dajjal, dan utk menjelaskan kepada umatnya yg telah salah paham akan ajarannya, dan karena ia di bawa ke masa depan, maka ia skip / melewati jaman rosulullah, sehingga ia tidak ikut dalam peperangan atau perjuangan nabi muhammad, lalu jika da yg bilang bahwa konsep diangkat dan di turunkannya nabi isa itu adalah konsep bible, maka itu adalah salah besar, karena bible menyatakan isa mati utk menebus dosa manusia, nah kalau nanti isa turun kembali ke dunia, apa dosa2 yg di tebus itu menjadi batal..???

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Nabi Isa diangkat Rating: 5 Reviewed By: Jazari Abdul Hamid
    Scroll to Top