728x90 AdSpace

  • Latest News

    Powered by Blogger.
    Friday, January 21, 2011

    Lillahi ta'ala

    Ma'rifatullah --- Mengenal Allah

    Lillahi ta'ala maknanya "karena Allah ta'ala"

    Dalam sifat 20 Allah kita paham dan yakin bahwa Allah itu Wujud (ada). Tidak mungkin/mustahil Allah itu ‘Adam (tidak ada).

    Allah itu Qiyamuhi Binafsihi (Berdiri dengan sendirinya). Mustahil Allah itu Iftiqoorullah (Berhajat/butuh) pada makhlukNya

    Manusia atau kita ada namun tidak berdiri sendiri. Kita itu maujud artinya ada namun karena pengaruh yang lain yakni karena Allah ta'ala.

    Kita ada karena Ar Rahmaan dan Ar Rahiim nya Allah ta'ala

    Coba bayangkan jika seluruh indera kita seperti penglihatan, pendengaran, penciuman/rasa itu tidak diberikan oleh Allah yang maha pengasih dan penyayang,  apakah kita ada ?

    Kita maujud karena Allah ta'ala ,  karena Ar Rahmaan dan Ar Rahiim Nya dalam berupa panca indera. Kita harus bersyukur untuk itu

    Kemudian Dia menyempurnakan penciptaannya dan Dia tiupkan padanya sebagian dari Roh-Nya dan Dia jadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan rasa, tapi sedikit sekali kamu bersyukur” (QS As Sajadah (32):9)

    Begitu pula kita harus bersyukur atas nikmat Iman dan nikman Islam karena Allah ta'ala , karena karuniaNya, karena Taufiq dan HidayahNya.

    Oleh karenanya segala perbuatan kita (seorang hamba Allah yang bergantung padaNya)  haruslah karena Allah ta'ala bukan karena hawa nafsu dan bukan pula karena selainNya

    Kita sholat karena Allah ta'ala bukan karena surgaNya.  SurgaNya adalah ciptaanNya yang adanya pun  karena Allah ta'ala.

    "Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam". (QS Al An'aam [6]:162 )

    SurgaNya bukan lah tujuan namun sebuah keniscayaan bagi  "orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada (agama)-Nya"

    Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada (agama)-Nya niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dari-Nya (surga) dan limpahan karunia-Nya. Dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus (untuk sampai) kepada-Nya.” ( QS An Nisaa’ [4]:175 )

    Wassalam

    Zon di Jonggol
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 comments:

    1. Asslm, smoga bermanfaat buat kt smua. Smg allah meridoi kt smua yg menghrpkn k ridoan allah. Oya pak ustad klau bs sifat dua puluhnya d kupas hbis. Amin

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Lillahi ta'ala Rating: 5 Reviewed By: Jazari Abdul Hamid
    Scroll to Top